Mengenal Aneka Komponen yang Ada di Genset Diesel

generator listrik

Anda tentu tahu bahwa genset diesel ini adalah mesin genset yang akan menghasilkan listrik menggunakan bahan bakar dari solar. Untuk menghasilkan listrik, tipe yang satu ini mengkombinasikan antara mesin diesel dengan generator listrik. Teknik tersebut yang nantinya akan mengubah energy kimia yang ada dalam bahan bakar solar jadi energi mekanik, melalui proses pembakaran.

Cara genset diesel menghasilkan listrik

Seperti yang selintas diulas di atas, dimana genset atau Generator Set Diesel sendiri membuat listrik dengan cara mengubah energi mekanik, jadi tenaga listrik, yang nantinya disalurkan dari kabel listrik.

Biasanya genset diesel ini dianggap seperti pompa listrik, lantaran membuat listrik lebih mudah mengalir dari kabel yang sudah ada sebelumnya. Namun hal tersebut, tidak menghasilkan electron baru atau bahkan menghancurkan hal lain. Namun hanya membuat energy bergerak secara mudah tanpa hambatan.

Komponen komponen dari generator diesel

Berikut ini adalah beberapa komponen penting yang berperan untuk menghasilkan listrik, pada genset diesel tersebut, antara lain :

  • Mesin diesel

Pada dasarnya mesin diesel yang ada pada genset diesel, tidak jauh berbeda dengan beberapa kendaraan yang menggunakan mesin diesel, mengingat mesin diesel adalah sumber utama untuk mengubah energi mekanik yang akan dihasilkan. Selain itu, ukuran mesin juga akan mempengaruhi ukuran daya yang akan dihasilkan oleh mesin genset tersebut.   

  • Alternator

Komponen yang satu ini akan bertugas menghasilkan output daya. Umumnya terdiri atas beberapa komponen yang kompleks. Salah satu komponen yang pastinya penting, yaitu rotor.

Rotor tidak lain poros yang akan berputar, untuk menciptakan energi mekanik dari hasil mesin diesel ketika bertemu dengan magnet, yang diletakkan secara hati hati, untuk nantinya menciptakan sebuah medan magnet. Atau secara tidak langsung tipe ini menggunakan konsep elektromagnetik.

  • Proses pembakaran

Bahan bakar yang digunakan untuk tipe diesel ini adalah solar. Bahan bakar tersebut, nantinya akan disalurkan melalui pipa yang akan tersambung langsung ke bagian mesin. Jumlah bahan bakar yang digunakan, nantinya akan menentukan berapa lama genset tersebut bekerja.

Semakin kecil kapasitas bahan bakar, maka semakin kecil pula daya yang dihasilkan oleh generator tersebut.  Sebaliknya jika kapasitas bahan bakarnya besar, maka daya yang dihasilkan oleh genset tersebut juga akan besar.  

  • Regulator tegangan

Adapun regulator tegangan ini akan membantu Anda mengatur output pada tegangan. Hasilnya tegangan dan juga arus listrik, yaitu arus DC jadi beragam, sesuai kecepatan mesin diesel yang digunakan.  

  • Sistem pendingin dan pembuangan

Sistem pendingin dan pembuangan ini juga mempunyai peran yang cukup penting. Dimana sistem pendingin ini nantinya membantu mencegah genset mengalami overheat atau panas yang berlebih. Caranya adalah dengan memberikan cairan pendingin dari genset. Kemudian pendingin akan mendinginkan suhu yang ada dengan cara menukar panas, untuk kemudian dibuang ke luar genset.

Dari penjelas di atas, sedikit banyak, Anda jauh lebih mengerti tentang bagaimana cara kerja genset diesel. Hal ini penting agar kelak Anda dapat menggunakan genset secara tepat, untuk menghasilkan listrik sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *