Ekstrakurikuler yang Ada di Sma Kristen Balikpapan

Ilustrasi suasana sekolah

Membahas tentang ekstrakulikuler tentu selalu identic dengan kegiatan sekolah yang dilakukan setelah jam aktif sekolah. Pada umumnya semua sekolah memiliki kegiatan ekstrakurikuler terutama SMA Kristen terbaik Balikpapan. Artikel ini akan membahas mengenai alasan kegiatan ekstrakurikuler dan jenisnya. 

Alasan Diadakannya Ekstrakulikuler di SMA Kristen Balikpapan

Ada beberapa alasan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler di SMA Kristen terbaik Balikpapan ini diantaranya : 

  • Untuk menunjang fungsi pengembangan 

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler akan mampu mengembangkan potensi peserta didik yang mana bisa melalui pengembangan potensi, perluasan minat, kepemimpinan, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter. 

  • Untuk menunjang fungsi Sosial

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler akan mampu mengembangkan potensi sosial dan tanggung jawab pada peserta didik. Selain itu juga bisa memperluas pengalaman sosialnya. 

  • Untuk menunjang fungsi Rekreatif 

Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan suasana yang menyenangkan dan rilex dan tentunya hal ini akan mengembangkan fungsi otak kanan para peserta didik. 

  • Untuk menunjang fungsi persiapan karir 

Dengan adanya ekstrakulikuler, peserta didik akan memiliki tingkat persiapan karir lebih optimal. Tentu hal ini akan mempengaruhi masa depan setelah SMA.

Ekstrakulikuler yang ada di SMA Kristen Balikpapan

Adapun beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA Kristen terbaik Balikpapan ini diantaranya : 

  • Musik 

Ekstrakulikuler music mampu mengembangkan potensi kognitif peserta didik, stimulasi pendengaran sehingga music ini bisa menjadi kegiatan positif sekaligus sarana untuk mengekspresikan diri peserta didik.  

  • Menari 

Dalam kegiatan ini peserta didik akan mampu belajar mengkoordinasikan anggota tubuh dengan berbagai koreografi dan mampu bekerja secara tim. 

  • Bela Diri 

Dalam kegiatan ini peserta didik belajar kedisiplinan, kepercayaan diri, dan daya tahan fisik terutama dalam kekuatan. 

  • Renang 

Kegiatan ekstrakurikuler SMA Kristen Balikpapan ini mampu mengembangkan potensi peserta didik untuk nyaman dalam air yang mana disertai dengan gerakan renang seperti gaya bebas dan lain lain. 

Dari penjelasan di atas, Anda sebagai orang tua bisa memilihkan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat anak Anda. Sementara, hampir semua SMA Kristen yang ada di Balikpapan memiliki ekstrakulikuler yang sudah disebutkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terkait penyaluran bakat minat si anak yang hendak memasuki salah satu SMP Kristen di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *