Wajib Tahu, Ini Dia Metode Pengukuran Persil Tanah

pengukuran persil tanah

Apakah anda perlu melakukan pengukuran tanah? Nah, anda berada pada artikel yang tepat. Kali ini kita akan membahas mengenai metode pengukuran persil tanah. Hal ini penting supaya anda memahami metode yang digunakan untuk mengukur tanah.

Pengukuran Tanah

Pengukuran tanah menjadi hal yang penting, apalagi jika anda perlu mendaftarkan tanah yang anda miliki. Selain itu, anda juga perlu melakukan pengukuran supaya anda bisa mengetahui batas-batas dari tanah yang anda miliki.

Pengukuran tanah dilakukan untuk mengetahui berapa ukuran tanah yang anda miliki. Hal ini penting untuk catatan di surat kepemilikan tanah.

Metode Pengukuran Tanah

Biasanya pengukuran persil tanah menggunakan berbagai metode. Metode-metode tersebut sebagai berikut:

  1. Metode Terestrial

Metode ini biasanya dilakukan untuk mengetahui ukuran permukaan secara langsung. Jadi, anda bisa melakukan metode terrestrial untuk mengukur luas tanah secara langsung. Anda bisa mengukurnya dengan bantuan alat ukur untuk menentukan ukuran dan posisi tanah.

  1. Metode Fotogrametris

Selanjutnya, anda perlu tahu mengenai metode fotogrametris. Metode ini dilakukan dengan cara merekam objek, dalam hal ini bidang tanah yang akan anda ukur. Teknik pengukuran tanah ini mengandalkan interpretasi yang dihasilkan dari citra fotografis yang muncul dari rekaman tersebut.

  1. Metode Pengamatan Satelit

Metode yang lain yaitu metode pengamatan satelit. Metode ini dilakukan dengan menentukan koordinat dari beberapa titik yang sudah diketahui koordinatnya. Biasanya metode ini memerlukan sinyal GPS yang membantu menentukan titik koordinat.

  1. Metode Kombinasi

Metode selanjutnya yaitu metode kombinasi antara terrestrial, fotogrametria, dan pengamatan satelit. Metode ini digunakan untuk mendapatkan ukuran tanah yang lebih akurat. Jadi, data yang diperoleh merupakan kombinasi ketiga metode tersebut.

Demikianlah, pembahasan mengenai metode pengukuran persil tanah yang perlu andaketahui. Pastikan anda melakukan pengukuran tanah dengan teliti. Nah, jika anda belum paham sebaiknya anda meminta jasa pengukur tanah untuk mengukur tanah anda. Hal ini penting untuk menghindari kesalahan pengukuran. Yuk, segera ukur tanah anda, supaya anda bisa mendaftarkan kepemilikan tanah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *