Alasan Memilih Sekolah Kristen Kalimantan Timur

Ilustrasi SMP Kristen Terbaik Balikpapan

Di Indonesia pertengahan tahun menjadi sebuah awal bagi para orang tua yang hendak mengirimkan anak mereka ke sekolah, baik sekolah PAUD, SD, SMP Kristen terbaik Balikpapan maupun SMA.Para orang tua akan berlomba-lomba mencarikan sekolah terbaik bagi anak mereka.

Banyak pilihan sekolah tersebar di seluruh penjuru Indonesia yang dapat dipilih orang tua, baik sekolah negeri atau pun swasta, serta sekolah yang berbasis agama sebagai contoh adalah sekolah Kristen di Kalimantan Timur. 

Pertimbangan Saat Memilih Sekolah 

Pertimbangan orang tua saat memilih sekolah adalah apakah SMP Kristen terbaik Balikpapan tersebut sudah memiliki standar atau tidak. Standar yang digunakan meliputi fasilitas sekolah, kualitas pengajar, serta lingkungan sekolah.

Alasan memilih sekolah Kristen adalah bagi keluarga beragama Kristen karena sekolah tersebut dianggap lebih aman karena mayoritas memiliki agama yang sama.  Selain itu, sekolah Kristen juga dianggap akan lebih membentuk rohani anak semakin taat, serta sebagai tempat pendisiplinan. 

Hampir semua sekolah Kristen atau Katolik terkenal dengan biaya yang cukup mahal, tidak berbeda dengan sekolah Kristen di Kalimantan Timur. Namun, biaya yang dikeluarkan tentu sebanding dengan apa yang didapatkan oleh peserta didik.  

Keunggulan Sekolah Kristen

Meski terkenal memiliki biaya pendidikan tinggi tapi masih banyak orang tua yang ingin memasukkan anak mereka  di sekolah tersebut. Bahkan, tidak hanya masyarakat beragama Kristen saja, banyak orang tua muslim atau agama lain yang ingin memasukkan anak mereka ke sekolah Kristen.

Berikut adalah beberapa keunggulan sekolah Kristen yang dianggap tidak dimiliki oleh sekolah lain seperti sekolah negeri atau swasta lainnya.

  • Sekolah adalah rumah kedua bagi anak, sehingga tempat tersebut memiliki peran dalam tumbuh kembang anak. Sekolah Kristen mengajari anak tentang taat akan perintah Tuhan, salah satunya adalah dengan kegiatan membaca firman Tuhan dan berdoa setiap pagi. 
  • Sekolah Kristen dianggap memiliki tingkat kedisiplinan yang lebih tinggi, guru tidak akan segan dalam memberikan peringatan serta hukuman bagi siswa yang tidak patuh. Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan bahwa skor siswa Sekolah Kristen lebih unggul ketimbang sekolah biasanya dalam hal tes ujian standar.
  • Sekolah Kristen juga mengajarkan tentang pembelajaran filsafat, Kitab dan juga pembelajaran tentang kehidupan lainnya. Dengan adanya kurikulum tersebut siswa lebih mengerti tentang perbedaan dan saling menghormati antar agama. 
  • Sama seperti dengan sekolah berbasis agama lainnya, sekolah tersebut juga sangat mengedepankan nilai-nilai yang berbasis dari kitab suci. Kitab suci dianggap sebagai sumber pengetahuan utama untuk menuntun orang dalam kegelapan.

Kini sekolah Kristen dapat ditemukan di seluruh penjuru Indonesia, salah satunya adalah sekolah Kristen di Kalimantan Timur. Bagi anda yang berniat memasukkan putra dan putri di sekolah tersebut, kunjungi SMP Kristen terbaik Balikpapan terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *