Mengapa Perlu Menggunakan Multi Channel Ecommerce Platform? Ini Jawabannya!

Ilustrasi seorang wanita menggunakan aplikasi multi channel ecommerce platform untuk berjualan online

Urgensi Multi Channel Ecommerce Platform

Apakah memang perlu menggunakan perangkat multi channel ecommerce platform? Bagi Anda pelaku usaha online yang memiliki banyak ecommerce, penggunaan aplikasi ini begitu direkomendasikan. Berikut alasannya:

  • Menekan Risiko Kesalahan Data Manual

Sebelumnya mungkin Anda menggunakan cara manual dalam mengelola bisnis online. Tahukah Anda jika cara manual memiliki risiko kesalahan tinggi. Misal kesalahan memasukkan alamat pengiriman, info stock produk yang belum diperbarui, dan kesalahan data lain.

Jika memang terjadi kesalahan proses identifikasi kiranya akan memakan waktu. Apalagi jika Anda belum memiliki anggota tim yang memadai. Padahal setiap kesalahan dapat mempengaruhi performa marketplace Anda.

Di sinilah multi channel ecommerce platform Indonesia dibutuhkan. Yakni memberikan kemudahan update otomatis. 

  • Menghemat Waktu

Penggunaan multi channel ecommerce platform dapat menghemat waktu Anda mengerjakan tugas operasional bisnis online. Meski Anda baru memiliki tim dalam jumlah terbatas, tapi karena semua sistem sudah terintegrasi akan jadi lebih mudah.

Hal ini karena adanya automasi sistem. Sistem otomatis ini membantu menghemat waktu Anda agar bisa lebih fokus memikirkan cara pengembangan usaha atau strategi marketing.

  • Data Inventori Real Time

Berbeda dengan sistem manual, menggunakan multi channel ecommerce platform Indonesia memastikan data inventori akurat dan real time. Hal ini dapat menghindari kejadian oversell di mana konsumen membatalkan pesanan karena stok produk yang dipilih sebenarnya sudah habis.

Anda pun mendapat kemudahan lain mengetahui kapan waktu yang tepat untuk pengadaan barang. Sehingga tidak perlu menolak pesanan karena alasan stok barang habis.

  • Optimalisasi Return of Investment

Salah satu target bisnis adalah dapat mengembalikan modal usaha yang dialokasikan. Integrasi platform dapat membantu Anda mengoptimalkan pengembalian investasi. 

Hal ini karena menggunakan platform khusus ini Anda bisa mendapat analisis item dalam beberapa kategori seperti stok best seller, stok lambat, dan stok macet. Selain mengetahui karakteristik item berdasar kecepatan penjualan Anda juga bisa mengetahui marketplace yang mana yang paling menguntungkan untuk menjual suatu item.

  • Meningkatkan Customer Experience

Semua kelancaran poin di atas akan bermuara pada satu hal yakni customer experience atau kepuasan pelanggan. Dengan optimalisasi operasional bisnis menggunakan multi channel ecommerce platform, setiap pelanggan Anda akan mendapat pengalaman berbelanja yang memuaskan. Sehingga meningkatkan potensi mereka kembali datang untuk belanja di lain kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *