Sistem ERP E Commerce dalam Jenis Software ERP

Ilustrasi sistem ERP e-commerce

Enterprise resource planning merupakan sebuah software yang digunakan sebuah perusahaan untuk perencanaan sumber daya yang dimiliki, sehingga bisa difungsikan secara optimal. Sedangkan sistem ERP ecommerce merupakan sebuah integrasi antara software ERP dan bisnis online ecommerce.

Dengan adanya integrasi keduanya, diharapkan sistem ERP ecommerce  dapat membantu para pelaku usaha UMKM yang menggunakan sarana e commerce dalam melakukan transaksi jual beli. Pada dasarnya ERP hanya digunakan oleh para pelaku bisnis besar, namun seiring berjalannya waktu software tersebut semakin berkembang dan mulai menjangkau para pelaku UMKM.

Untuk diketahui jika software ERP memiliki banyak jenis dengan berbagai macam fungsi yang dapat menunjang pekerjaan. Dalam memilih sebuah software aplikasi, tentukan sesuai dengan kebutuhan sebuah perusahaan agar aplikasi tersebut bekerja secara optimal. 

Berikut adalah macam-macam implementasi software ERP yang beredar dipasaran, untuk dapat menggunakan, sebuah perusahaan harus memiliki staf ahli IT atau bisa menggunakan jasa pihak ketiga. 

ERP On-Premis

Bisa dikatakan software ERP ON-Premis merupakan software pertama yang dirilis karena masih sangat konvensional. Untuk menggunakan ERP jenis ini, perusahaan harus membeli perangkat secara terpisah. 

Perangkat keras yang harus dibeli oleh perusahaan sebagai contoh adalah produk server yang berfungsi sebagai alat penggerak sistem. Berhubung semua komponen dibeli secara terpisah, bisa dikatakan sistem ini menelan biaya paling banyak.

Meski begitu, software ON-Premis adalah sebuah sistem yang paling banyak disukai karena cara penggunaanya yang mudah cukup mudah. Penyimpanan data perusahaan juga tergolong aman, sehingga sebuah perusahaan memilih untuk menangani sendiri tanpa bantuan pihak ketiga.

Software ERP Cloud

Untuk para pelaku bisnis online disarankan untuk memilih software jenis ini untuk mengelola sebuah bisnis, karena ERP Cloud sudah terintegrasi dengan internet. Hal ini memungkinkan para pelaku bisnis menerapkan sistem ERP ecommerce, biaya yang dikeluarkan juga lebih murah dibandingkan dengan jenis sebelumnya.

Kelebihan ERP Cloud yaitu menawarkan kemudahan dalam deployment, pembaruan sistem dan peningkatan kecepatan secara rutin dan berkala, serta dapat dilakukan dimana dan kapan saja. hal ini membuat software ERP Cloud banyak diminati oleh para pelaku bisnis online UMKM. 

ERP Hybrid

Bagi anda yang bingung memilih antara ERP konvensional atau ERP digital, maka pilihlah ERP Hybrid. ERP ini memiliki konsep penggabungan antara kedua ERP konvensional dan digital, diharapkan dengan hadirnya ERP Hybrid ini para pengguna tidak bingung saat memilih.

ERP Konvensional memiliki keunggulan mudah digunakan dan dapat menyimpan data perusahaan dengan aman, sedangkan ERP Cloud sudah terintegrasi dengan internet yang memungkinkan bisa menembus pasar digital. 

Data mentah  yang biasanya diolah menggunakan ERP Konvensional kini bisa disimpan melalui Cloud. Hal tersebut memungkinkan data tidak akan hilang saat salah satu server rusak, dengan catatan bahwa data penting sudah disinkronkan menggunakan cloud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *