Layanan yang Bisa Digunakan di Jasa Survey Lidar

Ilustrasi survey lidar untuk lahan sawit

Banyaknya masyarakat yang membutuhkan tenaga di bidang kartografi menyebabkan banyak pihak  membuka jasa survey Lidar. Metode Lidar ini sendiri merupakan salah satu metode yang dipakai untuk suatu proses pemetaan yang bisa digunakan untuk beberapa layanan. 

Hal ini menyebabkan penyedia jasa survey Lidar tidak hanya menawarkan satu layanan. Berikut ini layanan yang pada umumnya  disediakan penyedia jasa.  

 1. Layanan inspeksi gedung 

Layanan yang mungkin disediakan pertama adalah pelayanan pemeriksaan gedung. Metode pemetaan Lidar dapat diterapkan pada bangunan. Hasil yang diberikan juga akan lebih jelas karena metode Lidar dapat memberikan gambaran  3D dari bangunan target. 

Hal ini membuat rangka dan kondisi bangunan  terlihat lebih jelas  dan mudah dikenali oleh pelanggan. Layanan ini dapat membantu  klien memverifikasi apakah bangunan yang ada sesuai dengan desain yang telah disetujui sebelumnya. 

Selain itu, pemetaan ini juga sangat berguna  untuk mendeteksi cacat dan kerusakan serta tingkat keamanan pada bangunan. Survei ini juga dapat membantu klien  menentukan tingkat risiko yang terkait dengan penggunaan bangunan.  

 2. Deteksi Titik Api  

Jasa survey Lidar juga bisa digunakan deteksi Titik Api di suatu daerah. Terutama di daerah seperti hutan di mana kebakaran sering terjadi, serta gunung berapi  aktif. Pemetaan titik panas harus dilakukan sesegera mungkin. 

Ini tentang mampu meningkatkan sistem tanggap bencana  di arena.  Melalui hasil pemetaan ini bisa dibangun sistem penyelamatan dan evakuasi yang lebih efektif untuk warga yang ada di sekitar arena. 

3. Layanan Inspeksi  Pipa 

Layanan jasa survey Lidar juga dapat digunakan untuk inspeksi pipa. Pemasangan  pipa sering digunakan untuk mendistribusikan berbagai material yang diperlukan. Tidak hanya  air atau listrik, tetapi juga sarana lain seperti  panas dan lain-lain. 

Ini membuat pemetaan  pipa menjadi salah satu  yang paling penting.  Pemetaan  dan pemeriksaan jaringan pipa melalui Lidar dapat membantu pelanggan mengidentifikasi rute pipa. Sekaligus, untuk memantau kondisi pipa. 

4. Layanan Pemetaan Area 

Layanan jasa survey lidar yang paling banyak dicari adalah layanan pemetaan area. Karena melalui metode ini, pelanggan dapat memetakan lingkungan dengan lebih tepat. Karena dilakukan dengan mengambil gambar atau video dari udara. 

Laporan yang diberikan akan tersedia dalam format HD. Ini membuat peta lebih jelas, lebih mudah dibaca, dan lebih realistis. Metode Lidar juga membuat posisi dan jarak dari satu titik ke titik lainnya lebih jelas.  Bahkan dimungkinkan untuk membuat peta 3D dari area tersebut. 

Ini adalah beberapa jenis layanan yang disediakan oleh penyedia jasa survey lidar. Layanan yang disediakan tidak terbatas pada layanan yang sudah disebutkan di atas. Ada berbagai potensi lain yang bisa digali dari teknologi Lidar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *