Berikut Cara Menggunakan Alat Tes Ovulasi, Beserta Keunggulan dan Kekurangannya!

Ilustrasi Harga Alat Tes Ovulasi

Harga alat tes ovulasi atau tes kesuburan wanita dilakukan untuk memprediksi kapan anda akan mengalami ovulasi, atau biasa dikenal dengan Alat Prediksi Ovulasi. Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi lonjakan Luteinizing Hormone (LH) dalam urine. LH merupakan hormon yang bertugas mengirim pesan ke ovarium untuk mengirim sel telur. 

Cara Menggunakan Tes Ovulasi

Bagaimana cara menggunakan tes ovulasi dengan benar? Yaitu dengan mencelupkan alat tes ke dalam wadah urine. Apabila alat tes anda berjenis strip, maka sekitar 5 menit anda akan melihat garis uji muncul di dekat garis kontrol pada strip. 

Jika garis tes yang muncul lebih gelap dari garis kontrol itu artinya hasilnya positif, sehingga anda berkemungkinan akan ovulasi dalam 24-36 jam ke depan. Setelah masa ovulasi, maka anda dapat menguji kehamilan setelah 14 hari atau sampai tanggal menstruasi selanjutnya tiba.

Cara Kerja Alat Tes Ovulasi

Alat tes kesuburan ini digunakan untuk mendeteksi kadar hormone LH di dalam urine, yang mana jika masa ovulasi mendekat maka kadar LH akan mengalami peningkatan. Naiknya kadar LH sering disebut LH surge. Biasanya ovulasi akan berlangsung selama 36 jam setelah kadar LH naik, maka bagi pasangan disarankan untuk segera berhubungan seksual sebelum ovulasi agar cepat hamil. 

Tingkat Akurasi Hasil Tes 

Apabila anda menggunakan harga alat tes ovulasi dengan benar, maka tingkat akurasinya bisa mencapai 99%. Nah, agar hasil yang anda dapatkan tidak mengecewakan, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Melakukan tes pada waktu yang sama setiap harinya.
  2. Hindari minum terlalu banyak sebelum tes.
  3. Mengikuti petunjuk penggunaan.

Perlu diingat bahwa hasil yang positif menandakan masa ovulasi anda akan segera tiba, namun hal tersebut tidak dapat menjamin pembuahan dapat terjadi. 

Keunggulan dan Kekurangan Tes Ovulasi

Salah satu keunggulan dari alat kesuburan adalah mudah digunakan. Adapun keunggulan lainnya, diantaranya bisa memprediksi ovulasi sebelum terjadi dan bukan sesudahnya. Di samping itu, anda juga bisa memakai tes kesuburan kapan saja, tidak harus di pagi hari setelah bangun tidur. Dengan catatan jam atau waktu pakai anda sama setiap harinya untuk hasil yang lebih akurat. 

Sedangkan, kekurangannya adalah dari sisi harga. Meskipun harga alat tes kesuburan terjangkau, namun jika anda sering menggunakannya tentu harus menyiapkan dana yang lebih. Hal ini dikarenakan siklus haid pada wanita sering tidak teratur. Selain itu, ada juga alat tes yang sulit dibaca, padahal anda sudah mengikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan. Jadi, anda sebaiknya lebih bijak dalam memilih dan menggunakan alat tes tersebut.

Demikian penjelasan mengenai harga alat tes ovulasi yang diharapkan dapat bermanfaat dan membantu anda dalam menggunakan alat tes tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *