4 Tips Mudah Agar Kanopi Dari Rangka Baja Ringan Lebih Awet

rangka baja ringan terbaik

Kanopi dari rangka baja ringan terbaik sekarang ini cukup populer, salah satunya karena memiliki beberapa kelebihan. Hal ini pun akan menjadikan baja ringan menjadi pesaing dari bahan lain.

Ditambah jika anda ingat kanopi adalah salah satu bagian paling penting dari sebuah bangunan, jadi benar jika saat pemilihan bahan-bahan anda harus harus lebih memperhitungkannya agar tidak salah memilih.

Dikarenakan bahan ini nanti bukanlah akan membuat rumah anda akan jadi lebih estetik, tapi juga akan lebih melindungi tempat tinggal anda dari pengaruh cuaca dalam waktu yang lama.

Dalam hal ini, tips-tips dalam membuat kanopi dengan bahan baja ringan sampai dapat awet selama bertahun-tahun. Di antaranya seperti dibawah ini.

Perhitungan Kebutuhan Baja Ringan Kanopi

Kebutuhan rangka baja ringan terbaik yang digunakan untuk kanopi tergantung dengan luas lahan kanopi yang tersedia. Maka dari itu, perhitungan haruslah dilakukan dengan lebih teliti.

Apalagi pada bagian kerangka kanopi yang nantinya akan membantu menopang penutup pada atap. Jika jumlah baja ringannya akan kurang dari standar yang ada, maka risiko dari kanopi yang ambruk di masa depan akan menjadi lebih tinggi.

Cara dalam Pembuatan Kanopi

Sama dengan pada rangka pada atap baja ringan, pemasangan kanopi dengan material yang sama pun tidaklah boleh dilakukan dengan sembarangan.

Anda membutuhkan teknik khusus, misalnya seperti penentuan jarak antara rangka atap kanopi, kemiringan kanopi, sampai berapa banyak sekrup atau bahan lain yang digunakan.

Memilih Bahan Baja Ringan

Ada banyak merk baja ringan terbaik yang dijual dipasaran, ditambah memiliki kualitas yang bermacam-macam juga. Jadi ini maksud nya, anda harus bisa lebih selektif dalam memilih material supaya kanopi dapat lebih awet.

Dengan hal ini, ada baja bernama Zinium Diverso Sapphire yang termasuk bahan baja lapis aluminium seng ini bisa menjadi hal yang baik untuk anda. Apalagi jika anda kaitkan dengan kondisi cuaca Indonesia yang dikatakan cukup ekstrim.

Hal ini karena mempunyai lapisan atas yang akan lebih berat dari bawahnya, yaitu berat sekitar 100/60 gram/m² atau dengan rata-rata sekitar 160 gram/m², dan hal ini akan membuat bahan baja ringan lebih seimbang dengan model Zinium Alnatt. 

Jadi akan lebih mampu lebih tahan dengan adanya korosi, lebih tahan suhu tinggi, sampai tampak lebih lama dari biasanya. Dan menariknya lagi, harga bahan satu ini akan lebih ekonomis.

Cara Merawat Kanopi

Terkadang hal yang akan membuat kanopi lebih terasa awet adalah bukanlah hanya terletak di teknik yang tepat maupun dalam penggunaan material yang berkualitas.

Merawat kanopi dengan berkala pun akan harus dilakukan oleh anda. Apalagi saat dalam musim hujan. Contohnya, air sisa hujan bisa menimbulkan genangan yang nantinya akan membuat atap lebih rentan muncul karat. 

Dengan itu, sangat perlu dilakukan pengecekan serta pembersihan genangan air diatas atap anda, apalagi jika model kanopinya lebih datar 

Jadi pada dasarnya membuat kanopi dengan rangka baja ringan yang terbaik dapat awet lebih lama tidaklah sulit sekali. Karena salah satu tips yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih baja ringan yang sangat berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *