Ini Dia Pengertian dan Proses Pembuatan Atap Metal Pasir

atap metal pasir

Atap merupakan unsur penting dalam suatu konstruksi bangunan karenanya banyak produsen yang berlomba-lomba menghasilkan genteng dengan kualitas terbaik. Atap metal pasir yang saat ini sedang ramai digunakan untuk pembangunan rumah maupun bangunan komersial karena memiliki kelebihan yang menarik. Namun, apa sih pengertian dan bagaimana cara membuatnya.

Pengertian Atap Metal Pasir

Atap ini merupakan salah satu jenis atap metal yang terbuat dari unsur logam yakni galvalume az 100 yang merupakan gabungan aluminium dan seng. Terdapat juga kandungan zincalume, dan campuran coraltex. Atap ini memiliki bobot yang ringan dibandingkan dengan atap dari tanah liat. Selain itu, bahan dasar genteng dilapisi oleh cairan anti karat untuk meminimalisir proses oksidasi secara alami. Berbeda dengan atap metal pada umumnya, jenis atap ini dilapisi pasir yang berfungsi untuk menurunkan suhu pada ruangan serta meredam kebisingan.

Proses Pembuatan 

Membuat atap metal pasir memerlukan suatu proses yang terstruktur dan dipantau dengan baik untuk menjadi kualitas produk. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilalui :

  1. Langkah pertama yang harus dilalui adalah mengolah bahan material kemudian dilanjutkan pada tahapan pembentukan. Proses ini dilakukan menggunakan mesin canggih yang berfungsi untuk memotong material sesuai dengan pola yang diinginkan dan juga lapisan anti karat.
  2. Kemudian, atap tersebut memasuki tahap pewarnaan. Pada tahapan ini atap akan dilapisi lapisan pasir maupun coral untuk memberikan tekstur pasir pada permukaan genteng. Setelah selesai dilapisi, genteng harus langsung dibakar. Proses ini dilakukan sebanyak dua kali
  3. Setelah proses pewarnaan atap metal pasir selesai, atap akan melalui Quality Control
  4. Produk yang layak dan lolo uji kelayakan dan kualitas akan disimpan untuk dilanjutkan pada proses pengemasan.
  5. Produk yang tidak layak akan langsung dibuang atau diolah kembali.
  6. Setelah melalui seluruh tahapan diatas, akan dihasilkan berbagai macam genteng metal pasir dengan ukuran dan ketebalan yang berbeda-beda. Tahapan akhir adalah proses pendistribusian ke pasar.

Meskipun harus melalui proses yang panjang, namun kualitas dari atap metal pasir sangatlah bagus selain tahan karat, tipe atap ini juga mampu menahan api dan dapat membuat ruangan rumah menjadi lebih sejuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *