Pemahaman Deposito yang Harus Anda Tahu

Ilustrasi uang

Mengelola sistem keuangan memang membutuhkan banyak pertimbangan dan perencanaan yang baik. Selain mengelola dana berdasarkan kebutuhan serta adanya perencanaan di masa depan, anda juga harus tahu tentang dana yang anda miliki dan inflasi yang selalu terjadi setiap tahunnya. Hal tersebut juga mempunyai tujuan supaya dana yang anda punya tak hanya aman dan terencana untuk masa depan, namun juga aman dengan inflasi yang tidak bisa dihindari. Kali ini anda bisa pelajari tentang suku bunga deposito.

Banyak cara yang bisa anda coba untuk mengatasi hal tersebut. Anda juga bisa menginvestasikan dana yang anda punya ke berbagai jenis investasi yang bisa anda pilih. Deposito bisa menjadi pilihan investasi karena adanya berbagai keuntungan jika dibandingkan dengan jenis tabungan di bank pada umumnya. Keuntungan yang dari deposito adalah berasal dari suku bunga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan tabungan dan rendahnya risiko jika dibandingkan dengan instrumen investasi.

Pengertian dari deposito

Deposito adalah produk penyimpanan uang dari bank yang menggunakan sistem penyetoran di awal dan mempunyai ketentuan tersendiri terkait penarikan yang dapat anda lakukan berdasarkan ketentuan penarikan yang bisa anda lakukan dalam jangka waktu tertentu dan sudah disepakati oleh pihak bank dan nasabah. Meskipun uang yang anda berikan pada pihak bank bisa anda tarik dalam kurun waktu yang sudah disepakati, namun deposito memberikan keuntungan tersendiri jika dibandingkan dengan tabungan pada umumnya, seperti suku bunga deposito yang disediakan dari bank juga lebih kompetitif jika dibandingkan dengan tabungan biasa.

Namun jika anda ingin menarik dana yang sudah didepositokan sebelum kurun waktu yang sudah disepakati, terdapat beberapa bank yang memperbolehkan nasabah untuk menarik dana tersebut namun akan dikenakan potongan yang harus nasabah tanggung.

Biasanya deposito menyediakan berbagai jangka waktu simpanan yang bisa anda tentukan tergantung preferensi dan kebutuhan nasabah masing-masing. Biasanya jangka waktu yang akan ditawarkan mulai dari jangka 1,3,6 bahkan hingga 12 bulan. Jangka waktu yang sudah disepakati tersebut nantinya dijadikan patokan berapa lama dana anda akan disimpan. Nanti anda bisa mendapatkan suku bunga deposito tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *