Metode – metode Survey Geofisika Yang Wajib Anda Ketahui

mengetahui studi dan metode survey geofisika

Dalam sejarah geofisika dikatakan sebagai ilmu yang meneliti dan mempelajari inti Bumi, sehingga adanya survey geofisika dapat menjadi informasi yang akurat dan bisa menjadi dari bagian materi pada studi geofisika. Meskipun geofisika bukanlah ilmu yang baru, bahkan program studi geofisika tidak banyak diminati oleh masyarakat, seperti akuntansi atau ilmu manajemen. 

Mengetahui Tentang Survey Geofisika

Survey geofisika adalah penelitian atau pengumpulan sistematis data geofisika untuk studi spasial (yang berkaitan dengan ruang atau tempat). Lalu, untuk analisis dan deteksi dari sinyal geofisika merupakan bagian dari pemrosesan sinyal geofisika.

Pada dasarnya survey geofisika sendiri bisa digunakan untuk berbagai macam instrumen penginderaan, di mana data-data yang didapatkan adalah bagian dari proses pengumpulan data dari atas atau bawah permukaan bumi, bahkan bisa dari lainnya, seperti udara atau laut. 

Metode – metode Survey Geofisika

Jika Anda sebagai seorang peneliti tentunya Anda wajib mengetahui apa saja jenis dari metode-metode geofisika yang digunakan untuk melakukan survey geofisika untuk dapat mengukur respon dari Bumi seperti berikut :

  1. Metode Seismik 

Sebagai metode yang memberikan tentang informasi lengkap mengenai pelapisan bawah permukaan bumi dan menunjukkan sifat geomekanis di batuan menggunakan gelombang seismik. Umumnya, metode ini digunakan sebagai penentu  dari kualitas batuan, geologi situs, dan stratigrafi.

  1. Metode Gravitasi

Metode yang digunakan untuk memeriksa variasi percepatan gravitasi di bumi. Adapun dalam menggunakan metode ini, Anda memerlukan alat pengukur yang canggih dan sangat kuat.

  1. Metode Magnetik 

Metode yang dilakukan untuk mengetahui adanya Medan magnet bumi. Hal ini dilakukan untuk survey eksplorasi minyak bumi, panas bumi, batuan, gunung api, dan juga untuk mencari barang yang mengandung besi atau baja.

  1. Metode Resistivitas 

Metode yang digunakan untuk memetakan struktur geologi yang berada di bawah permukaan tanah.

  1. Metode Polarisasi Terinduksi

Metode ini menggunakan sifat kelistrikan dan polarisasi batuan sebagai dasarnya. Efek dari polarisasi terinduksi ini adalah akibat adanya penurunan tegangan secara eksponensial dan menjadi harga nol. 

  1. Metode Potensial Diri

Bagian dari metode yang memanfaatkan parameter kelistrikan. Metode ini sering digunakan untuk pengkajian pemetaan dari gunung berapi hingga eksplorasi mineral.

  1. Metode Radar

Metode Radar atau biasa disebut georadar merupakan metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi bawah tanah menggunakan gelombang elektromagnetik.

  1. Metode Elektromagnetik

Metode yang sering digunakan untuk distribusi parameter fisika pada lapisan bumi yang mencangkup panjang gelombang, frekuensi, dan lainnya.

Inilah sedikit pembahasan untuk pengenalan ilmu geofisika, mengenai tentang survey geofisika sebagai hal yang penting dilakukan agar mengetahui tentang sumber daya alam dan berbagai kegiatan alam yang berada di bagian bawah Bumi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *