Bagaimana Cara Merawat dan Membersihkan Storm Espresso Machine

ilustrasi espresso machine

Seperti halnya mesin pada umumnya, Storm espresso machine juga perlu dirawat dan dibersihkan secara rutin. Perawatan seperti ini dilakukan agar mesin kopi  tetap dapat berfungsi dengan baik, dan menghasilkan kopi secara optimal, dengan cita rasa yang juga stabil. Adapun teknik perawatan dan juga cara membersihkan mesin espresso ini sendiri tidak sulit, yaitu :

  1. Bagian Portafilter

Adapun alat Storm espresso machine yang sebaiknya dibersihkan pertama kali adalah bagian portafilter. Biasanya sebelum menggunakan filter basket dan juga portafilter, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Adapun jangka waktu untuk membersihkan alat tersebut, tentunya tergantung dari keutuhan itu sendiri. Setidaknya pastikan tidak ada sisa espresso yang tertinggal dan melekat di tension spring.

Selain itu sebaiknya selalu lepas basket dari portafilter, kemudian bersihkan sebelum menggunakan dan menyajikan espresso kembali.

Untuk membersihkannya mudah saja, cukup bilas dan usap / keringkan menggunakan handuk. Proses seperti ini tentu tidak memerlukan waktu yang terlalu lama, apalagi ketika para pelanggan cukup banyak yang datang. Jika sudah bersih dan kering, artinya alat sudah siap untuk digunakan kembali.    

  1. Shower Screen

Tidak lain adalah tempat air, yang ada di shot, dimana kemudian air tersebut akan dialirkan ke ground coffee yang ada di filter basket. Setelah barista membersihkan Shower screen,  kemudian gunakan lap bersih kering atau juga handuk kecil, dan keringkan.

  1. Grouphead Brush

Kali ini bersihkan brush yang akan digunakan, caranya adalah dengan sesekali merendamnya dengan cairan atau bubuk pembersih khusus mesin espresso. Hal tersebut berguna untuk menjaga sikat tersebut tetap bersih, dan mengatasi sisa espresso sebelumnya.

  1. Bersihkan bagian grouphead / tempat portafilter

Untuk bagian mesin espresso Storm yang satu ini sebaiknya dibersihkan setiap pagi hari, sebelum digunakan. Caranya adalah dengan menuangkan 1 sdt pembersih khusus atau juga baking soda, ke dalam portafilter tersebut. kemudian pasang portafilter tersebut ke Group Head. Berikutnya aktifkan mesin, sekitar 10 detik, jika sudah, maka hentikan mesin selama beberapa detik, lalu kembali aktifkan. Anda dapat melakukan pola ini secara berulang selama 4 kali.

Jika sudah, maka lepaskan portafilter kemudian cuci hingga bersih alat tersebut. Baru kemudian pasang kembali, dan aktifkan mesin selama 10 detik.

  1. Bersihkan bagian nozzle uap / Steam Wand

Adapun bagian mesin espresso berikutnya yang sebaiknya dibersihkan adalah nozzle uap / steam wand. Dalam hal ini nozzle uap harus selalu bersih setiap waktu. Seperti diketahui bersama, ketika susu sedang di-steam maka busa susu akan mulai terbentuk. Jadi dalam hal ini, Anda harus langsung mengelap bagian steam wand menggunakan kain lembab dan juga bersih. Akan lebih baik, ketika Anda menggunakan kain khusus, untuk membersihkan bagian steam wand tersebut. Jangan gunakan kain pembersih steam wand untuk membersihkan komponen lainnya, karena hal tersebut mampu merusak lubang semburan uap.  

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk merawat dan membersihkan berbagai bagian dari Storm espresso machine. Agar semua bagian tidak hanya bersih namun juga awet digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *